Minggu, 07 Agustus 2016

Analisis Komparatif Motivasi Belajar Siswa yang Berasal Dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Negeri Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016

A.    PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN
Penelitian yang mengambil judul “Analisis Komparatif Motivasi Belajar Siswa yang Berasal Dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Negeri Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016” sudah memasuki tahap pnelitian terhadap responden yaitu siswa kelas VII di MTs Negeri Teras Boyolali yang terdiri dari siswa yang berlatar belakang sekolah dari MI dan SD. Dari hasil penelitian tersebut maka diperoleh data motivasi belajar siswa melalui angket yang menghasilkan data dari pengumpulan data, terdiri dari 34 item pernyataan dengan 5 alternatif jawaban dengan skor 1,2,3,4, dan 5.
Dalam penelitian pertama dilakukan pengambilan dua kelompok sampel siswa yang berasal dari SD dan siswa yang berasal dari MI, baru kemudian dilakukan pemberian angket motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih. Sampel terdiri dari siswa yang berasal dari SD sebanyak 76 siswa dan siswa yang berasal dari MI sebanyak 48 siswa. Dari hasil pengambilan data menggunakan angket ternyata tidak terdapat perbedaan motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih antara siswa yang berasal dari SD dan siswa yang berasal dari MI.
Angket diberikan bersama-sama baik pada siswa yang berasal dari SD dan siswa yang berasal dari MI. Pada siswa yang berasal dari SD diperoleh nilai tertinggi 153 dan nilai terendah 94, dengan nilai terbanyak pada kategori sedang (55,56%). Sedangkan siswa yang berasal dari MI. Diperoleh nilai tertinggi adalah 158 dan nilai terendah 91 dengan nilai terbanyak pada kategori sedang (51,11%).
Di dalam penelitian ini digunakan teknik statistik nonparametrik dikarenakan salah satu data telah dinyatakan tidak normal dalam pengujian normalitas data. Test yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel independent bila datanya telah tersusun pada tabel distribusi frekuensi kumulatif dengan menggunakan kelas-kelas interval adalah Test Kolmogorov-Sminorv Dua Sampel (Sugiyono, 2010: 156).
Hasil analisis yang menggunakan rumus Test Kolmogorov-Sminorv, diperoleh KD hitung = 0,175  dan KD tabel = 0,817 maka berdasarkan kriteria jika KD hitung ≤ KD tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga pada penelitian ini 0,175 ≤ 0,817 yang berarti KD hitung ≤ KD tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang berasal dari sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri Teras Boyolali tahun pelajaran 2015/2016.
Melihat dari penelitian tersebut yang menyatakan bahwa.... 



Mohon maaf daftar pustaka tidak saya cantumkan,
jika menghendaki full version silakan kirim email ke qoyyumuslima@gmail.com
atau bisa juga cek Jurnal At-Tarbawi Vol.14 No.2 November 2015 terbitan IAIN Surakarta
atau silahkan ke link perpustakaan digital IAIN Surakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar