A. PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN
Penelitian yang
mengambil judul “Analisis Komparatif Motivasi Belajar Siswa yang Berasal Dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) pada Mata
Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTs Negeri Teras Boyolali Tahun Pelajaran
2015/2016” sudah memasuki tahap pnelitian terhadap responden yaitu siswa kelas
VII di MTs Negeri Teras Boyolali yang terdiri dari siswa yang berlatar belakang
sekolah dari MI dan SD. Dari hasil penelitian tersebut maka diperoleh data
motivasi belajar siswa melalui angket yang menghasilkan data dari pengumpulan
data, terdiri dari 34 item pernyataan dengan 5 alternatif jawaban dengan skor
1,2,3,4, dan 5.
Dalam
penelitian pertama dilakukan pengambilan dua kelompok sampel siswa yang berasal
dari SD dan siswa yang berasal dari MI, baru kemudian dilakukan pemberian angket
motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih. Sampel terdiri dari siswa yang berasal
dari SD sebanyak 76 siswa dan siswa yang berasal dari MI sebanyak 48 siswa.
Dari hasil pengambilan data menggunakan angket ternyata tidak terdapat
perbedaan motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih antara siswa yang berasal
dari SD dan siswa yang berasal dari MI.
Angket
diberikan bersama-sama baik pada siswa yang berasal dari SD dan siswa yang
berasal dari MI. Pada siswa yang berasal dari SD diperoleh nilai tertinggi 153
dan nilai terendah 94, dengan nilai terbanyak pada kategori sedang (55,56%).
Sedangkan siswa yang berasal dari MI. Diperoleh nilai tertinggi adalah 158 dan
nilai terendah 91 dengan nilai terbanyak pada kategori sedang (51,11%).
Di dalam penelitian ini digunakan teknik
statistik nonparametrik dikarenakan salah satu data telah dinyatakan tidak
normal dalam pengujian normalitas data. Test yang digunakan untuk menguji
hipotesis komparatif dua sampel independent bila datanya telah tersusun pada
tabel distribusi frekuensi kumulatif dengan menggunakan kelas-kelas interval adalah
Test Kolmogorov-Sminorv Dua Sampel (Sugiyono, 2010: 156).
Hasil analisis
yang menggunakan rumus Test Kolmogorov-Sminorv,
diperoleh KD hitung = 0,175 dan KD tabel = 0,817 maka
berdasarkan kriteria jika KD hitung ≤ KD tabel maka Ho diterima
dan Ha ditolak. Sehingga pada penelitian ini 0,175 ≤ 0,817 yang
berarti KD hitung ≤ KD tabel, maka Ho diterima dan Ha
ditolak. Jadi tidak terdapat
perbedaan motivasi belajar siswa yang berasal dari sekolah dasar (SD) dan
madrasah ibtidaiyah (MI) pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Negeri
Teras Boyolali tahun pelajaran 2015/2016.
Melihat dari penelitian tersebut yang menyatakan
bahwa.... Mohon maaf daftar pustaka tidak saya cantumkan,
jika menghendaki full version silakan kirim email ke qoyyumuslima@gmail.com
atau bisa juga cek Jurnal At-Tarbawi Vol.14 No.2 November 2015 terbitan IAIN Surakarta
atau silahkan ke link perpustakaan digital IAIN Surakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar