Senin, 04 Juni 2012

Keutamaan Zuhud


A.  Keutamaan Zuhud
          Tersebutkan dalam tafsir tentang zuhud di dunia. Allah swt. Berfirman yang artinya : “Sesungguhnya Kami menjadikan apa yang di bumi ialah untuk menjadi perhiasan baginya, karena Kami hendak menguji siapakah di antara mereka yang paling baik pekerjaannya” (Q.S. Al Kahfi : 7).
          Dikatakan, maknanya: yang manakah mereka yang lebih zuhud didunia? Maka Allah menyifatkan zuhud itu, termasuk amal perbuatan yang terbaik. Allah berfirman pula dalam Q.S Asyura: 20, yang artinya : “Barangsiapa yang ingin kepada keuntungan hari akhirat, akan Kmai berikan tambahan kepada keuntungan itu. Dan barang siapa yang ingin kepadanya keuntungan didunia ini, akan Kami berikan keuntungan itu kepadanya, tapi dia tiada mempunyai bagian lagi pada hari akhirat”.
          Dan senada pula dalam Q.S Thaha: 131, dan Q.S. Ibrahim: 3. Allah menyifatkan orang-orang kafir dengan yang demikian. Pengertiannya ialah bahwa orang mu’min yaitu lawannya, yaitu lebih mencintai kehidupan akhirat dibanding kehidupan dunia. Dijadikan zuhud sebab bagi kecintaan. Maka siapa yang dicintai oleh Allah swt. niscaya ia pada derajat tertinggi. Maka zuhud didunia termasuk maqam yang paling utama. Dan pengertiannya juga, bahwa mencintai dunia mendatangkan kemurahan Allah swt.[1]


[1] Al-Ghazali,”Ihya’ Al- Ghazali” (Jakarta : Faizan, 1989), hlm. 213-216

Tidak ada komentar:

Posting Komentar