Sabtu, 02 Juni 2012

Fungsi Orang Tua

    Fungsi Orang Tua
Orang Tua mempunyai fungsi yang penting dalam keluarga. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut:
1.      Fungsi Religius
                     Orang Tua mempunyai kewajiban memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota lainnya kepada kehidupan beragama sebagaimana dalam Q.S Luqman: 13


Artinya:
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku janganlah kau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kedzaliman yang besar.
Dengan demikian keluarga merupakan awal mula seseorang mengenal siapa dirinya dan siapa Tuhannya.
2.      Fungsi Edukatif
                        Pelaksanaan fungsi edukatif merupakan tanggung jawab yang dipikul oleh orang tua. Karena keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama bagi anak. Orang tua harus mengetahui tenteng pentingnya pertumbuhan, perkembangan dan masa depan seorang anak secara  keseluruhan. Begitu besarnya  peranan orang tua dalam mengembangkan potensi yang telah diberikan oleh Allah kepada setiap anak, agar anak tersebut tetap pada fitrah yang suci, sampai-sampai Nabi Muhammad mengatakan dalam Hadits:


Artinya:
“Tidak seorangpun yang dilahirkan, melainkan ia dilahirkan dalam keadaan fitrah maka orang tualah yang menjadikan Yahudi atau Nasrani atau Majusi.(H.R Bukhari dan Muslim)
Dari hadits diatas dapat dipahami bahwa dalam pengembangan fitrah setiap manusia yang dilahirkan tidak terlepas dari peran Orang tua. Fitrah itu adalah “Suci dan beriman”. Diibaratkan pada hadits tersebut bahwa jika anak menjadi Yahudi, Nasrani dan Majusi (sebagai kondisi penyimpangan fitrah dan fitrah Islami) adalah karena kesalahan orang tua dalam mendidik. Atau mungkin sekali orang tua ikut andil dalam memberikan sifat-sifat keyahudian, kenasranian atau kemajusian dalam diri anak atau mungkin orang tua itu tidak memahaminya atau memang didasarkan atas sifat dan cara-cara orang tua yang ditiru oleh anak. (Al Nahwi Abdurrahman,1995:145)

  1.       Fungsi Ekonomi
Berkaitan dengan kebutuhan primer, sedperti kebutuhan makan, pakaian dan tempat tinggal. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari Islam mengajarkan untuk dipenuhi secara halalan thoyiban karena dalam agama dikemukakan bahwa, “setiap yang tumbuh dari yang haram maka neraka lebih utama baginya.” Karena dalam pandangan islam perolehan barang haram akan berpengaruh pada  anak. (Yasin Musthofa,2007:116)
4.     Fungsi Protektif
Memberikan gambaran pelaksanaan fungsi, lingkungan, yaitu dengan cara melarang atau menghindarkan anak dari perbuatan-peerbuatan yang tidak diharapkan, mengawasi atau
membatasi perbuatan anak dalam hal-hal tertentu menganjurkan atau menyuruh mereka untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang diharapkan mengajak kerjasama dan saling membantu.
5.      Fungsi Sosialisasi
Tugas orang tua dala mendidik anaknya tidak saja mencakup pengembangan pribadi, agar menjadi pribadi yang mantap tetapi meliputi pula mempersiapkan menjadi anggota masyarakat yang baik melakukan fungsi sosialaisasi itu berarti orang tua memiliki kedudukan sebagai penghubung anak dengan kehidupan sosial norma-norma sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar